Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop – Untuk kalian yang sudah sering memakai laptop ataupun PC, kegiatan screenshot layar pastinya bukan hal yang baru lagi bukan.

Screenshot yang dilakukan biasanya dipakai untuk berbagai macam keperluan. Masalahnya, apakah kamu sudah mengetahui cara untuk mengscreenshot di PC ataupun cara mengscreenshot di laptop?

Screenshot itu sendiri merupakan gambar yang dihasilkan dari tangkapan layar yang dipakai untuk berbagai macam keperluan.

Contohnya saja untuk bahan presentasi ataupun sekedar untuk meng-copy dan dibagikan ke orang lain.

Fitur screenshot itu sudah terdapat didalam sistem operasi bawaan sehingga berbagai jenis APK screenshot layar laptop yang sudah tersedia di internet.

Walaupun sangat mudah untuk dilakukan, nyatanya masih terdapat sebagian dari kalian yang masih belum mengetahui bagaimana cara bagaimanakan screenshot dilaptop ataupun PC Windows.

Untuk bisa melakukannya, kalian cukup untuk mengikuti salah satu cara screenshot di laptop yang ada di bawah ini.

1. Memakai Kombinasi Tombol

cara screenshot di laptop toshiba

Untuk cara screenshot menggunakna satu kali klik yakni dengan tombol ‘prt scrn’ ini memang tak berlaku pada semua laptop dan untuk penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Dikarenakan ada juga yang harus membutuhkan kombinasi tombol. Untuk caranya adalah sebagai berikut: 

  • Mengkombinasikan Tombol alt ditambah dengan prt scrn

Cara screenshot ini dapat dilakukan pada Windows XP, Windows 7, Windows 8.1, Windows 8, dan juga Windows 10. Untuk caranya yaitu cukup mengklik llau tahan tombol alt + prt scrn.

Sesudah itu bukalah APK Paint ataupun Microsoft Word agar mempaste screenshot yang sudah diambil tadi. Selain dari tombol, cara screenshot ini juga mempunyai perbedaan pada hasilnya.

Di mana hanyalah jendela aktif saja yang bisa di capture. Sementara untuk bagian taskbar dan lainnya tak dapat diambil screenshot-nya.

  • Kombinasi Tombol Windows + prt scrn

Cara sceenshot layar dilaptop yang kedua ini bisa dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8.1, Windows 8, sampai dengan Windows 10.

Untuk cara melakukannya sangatlah mudah :

  • Pertama kalian tekan Logo Windows+PrtSc secara bersamaan dikeyboard komputer.
  • Sesudah itu layar laptop ataupun PC kalian akan berkedip sebentar, hal ini yang menunjukkan proses screenshot telah selesai.
  • Kemudian gambar hasil screenshot secara otomatis tersimpan pada folder picture laptop.

2. Memakai Snipping Tool

cara screenshot di laptop lenovo

Didalam sistem operasi Windows yang baru, ada suatu APK bawaan yang namanya adalah Snipping Tool.

APK ini berguna untuk mengscreenshot serta membuat anotasinya. Untuk pemakaiannya, kalian hanya perlu membukanya yaitu dengan cara memanggil yaitu melalui Cortana (Windows 10) ataupun klik Start lalu ketik ‘snipping tool’.

Sesudah APK terbuka, klik new serta langsung pilih area yang ingin discreenshot yang dipilih. Sesudah itu kalian dapat langsung menyimpannya ataupun melakukan screenshot ulang apabila merasa tak puas. 

Baca Juga : Ukuran Story Instagram

3. Memakai Satu Kali Klik

cara screenshot di laptop windows 7

Untuk cara screenshot yang termudah dapat dilakukan hanya dengan hanya satu klik saja, yaitu menekan tombol khusus yang terdapat di keyboard. Berikut adalah caranya :

Memakai tombol ‘prt scrn’.

Pengguna pada Windows 10 bisa melakukan cara screenshot menggunakan laptop dengan secepat ini.

Caranya yaitu dengan cara menekan ‘tombol prt scrn’ saja, tanpa harus dikombinasikan dengan menekan tombol yang lainnya. Proses screenshot setelah itu selesai deh.

Untuk bisa melihat menghasilkan tangkapan layar itu, tugas yang selanjutnya ialah membuka APK. Yang paling mudah memakai APK Paint bawaan dari Windows, dikarenakan kita tak perlu untuk mendownload lagi.

Sesudah paint terbuka, langsung tekan saja ‘ctrl + v’ secara bersamaan agar bisa mem-paste gambar. Dapat juga dengan cara ‘klik kanan lalu klik paste’.

Sesudah itu, hasil screenshot bisa akan langsung terlihat pada paint. Tak hanya dengan memakai paint saja, kita juga masih dapat memakai APK screenshot laptop lain misalnya Microsoft Word agar bisa melihat hasil screenshot itu.

4. Memakai Aplikasi

cara screenshot di laptop acer

Sudah banyak APK yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot di laptop. Agar memudahkan, berikut adalah pilihan yang sangat populer :

Screenshot Captor

Kelebihan dari APK Screenshot Captor dimana dapat melakukan screenshot didalam halaman yang cukup panjang (long screenshot).

Meskipun, masih memungkinkan meng-capture dibagian-bagian tertentu sesuai dengan keinginan. 

Tersedia juga beberapa tools yang tambahan agar bisa mengubah hasil screenshot agar menjadi lebih menarik, misalnya menambahkan frame, border, watermark, shadow effects blurring, dan lain sebagainya. Untuk ukurannya hanyalahberkisar 8MB

Lightshot

Lightshot sudah menawarkan cara screenshot yang sangat mudah, tapi sebelumnya pastikan telah menginstal APK ini dan kemudian akan muncul ikon Lighshot pada taskbar Windows kalian.

Untuk proses yang selanjutnya pilihlah tampilan layar ataupun gambar yang ingin di screenshot, kemudian klik icon Lightshot dimenu Taskbar. Lalu pilih area yang ingin diambil gambarnya, hal ini dapat dilakukan memakai mouse komputer.

Sesudah gambar itu dipilih kemudian save dengan cara meng-klik ikon disket, simpan sesuai dengan format yang sudah disediakan yakni PNG, BMP, dan juga JPEG.

Untuk fitur yang lainnya ada juga share, copy, print, bisa menambahkan teks, memberikan marker dan lain sebagainya. Ukurannya pun hanyalah 4MB dan sudah support Windows XP, Windows 8, Windows 7, ataupun Macintosh.

Jing

Fitur ataupun tools yang sudah ditawarkan tak kalah jauh berbeda dengan APK screenshot yang lainnya. Termasuk dapat merekam tampilan layar yang berdurasi 5 menit.

Caranya yaitu cukup memilih menu Capture Video pada opsi Menu. Hanya saja, pada format gambar yang akan tersimpan hanyalah tersedia format PNG saja. 

Schirmfoto

Kelebihan dari aplikasi Schirmfoto dapat menyimpan hasil screenshot dengan resolusi tinggi, dengan pilihan format yang bervariasi misalnya JPG, PDF, dan PNG.

Menariknya lagi, APK screenshot di laptop ini bisa merekam video tampilan dilayar. Untuk fitur yang lainnya dapat di edit dengan menggunakan crop, print dan menambahkan marker, watermark, dan lain sebagainya. 

Ukurannya yang sangat kecil hanyalah 5MB lalu sudah support Windows XP, Windows 7, Windows 8/Windows 10.

Untuk cara memakainya, klik ikon kamera kemudian gambar akan tersimpan dengan otomatis. Schirmfoto juga bisa memungkinkan kalian untuk pengambilan gambar yang sudah diinginkan.

Mungkin itu saja tentang Materi Cara Screenshot di Laptop, pada kesempatan yang baik ini, semoga dengan adanya materi ini dapat membantu kalian semua, dan terimakasih sudah mampir ya sob.