Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi – Bahasa Indonesia merupakan Mata Pelajaran yang sangat banyak digemari oleh para siswa, apalagi bagi mereka yang memiliki cita-cita sebagai penulis, yang dapat menciptakan sebuah Karya Tulis, yang dapat bermanfaat bagi Penduduk diseluruh Indonesia, ataupun diseluruh Dunia.

Struktur Teks Eksplanasi

Namun untuk mewujudkan cita-cita sebagai penulis atau pembuat Karya Sastra diatas, pastinya harus memahami berbagai macam Struktur dan Kaidah, dalam menggunakan Bahasa Indonesia, yang akan dijadikan sebuah Teks.

Teks adalah Susunan Kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, yang berfungsi untuk menceritakan atau menjelaskan berbagai macam Informasi atau Makna dari suatu Objek tertentu, dengan bentuk berupa Tulisan ataupun Lisan.

Teks ini juga terbagi menjadi berbagai macam jenis-jenisnya, dengan fungsi dan maksud yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis Karya Satsra apa yang akan dibuat atau dibentuk, serta Kaidah Bahasa yang seperti apa, yang akan digunakan kedalam Karya Sastra tersebut, seperti Teks Sejarah, Teks Eksposisi, dan Teks Eksplanasi.

Tetapi pada ulasan artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang Teks Sejarah dan Teks Eksposisi, oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, kita akan kembali membahas tentang salah satu Teks, yaitu Teks Eksplanasi.

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi?, Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mempelajari tentang Teks Eksplanasi diatas, pada kesempatan yang baik ini kami telah memberikan beberapa Pembelajaran tentang Teks Eksplanasi, beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah Bahasa, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya.

Definisi Tentang Teks Eksplanasi

Definisi Tentang Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah Salah satu jenis Teks yang memberikan sebuah Informasi, tentang Proses terjadi atau pembentukannya suatu Fenomena Alam ataupun berbagai macam Objek lainnya, yang terjadi secara Ilmiah atau Campur Tangan orang lain, dengan Sumber yang jelas atau Fakta yang benar.

Sehingga orang-orang dapat mengetahui Proses Pembentukan dari Kejadian Fenomena Alam ataupun Objek lainnya, secara Detail dan jelas Kebenarannya, serta dapat dijadikan Ilmu Pengetahuan yang baru, bagi orang-orang yang tidak mengetahuinya.

Ciri-Ciri Dari Teks Eksplanasi

Dalam memahami Teks Eksplanasi, kalian harus mengetahui Ciri-Ciri dari Teks Eksplanasi, yaitu sebagai berikut yang telah kami sediakan dibawah ini :

  • Pembentukan dalam Struktur Teks Eksplanasi, terdiri dari Pernyataan Umum, Urutan Sebab Akibat, dan Interpretasi.
  • Informasi yang digunakan dalam pembentukannya, diambil berdasarkan kenyataan yang ada (Faktual).
  • Sebab akibat yang terjadi pada suatu Objek, biasanya bersifat secara Ilmiah (Sains).
  • Isi dari Teks Eksplanasi bersifat Informatif, tidak bersifat mempengaruhi atau memihak apapun.
  • Setiap bagian dari Paragraf menggunakan Squence Markers atau Penanda Urutan.
  • Bentuk dari Teks Eksplanasi harus memiliki Ulasan Pendukung.

Struktur Pembentukan Teks Eksplanasi

Struktur Pembentukan Teks Eksplanasi

Selain terdapat Ciri-Ciri dalam pembentukannya, Teks Eksplanasi juga memiliki Struktur dalam pembuatannya, yang harus kalian pahami, jika ingin membuat Teks Eksplanasi yang benar, yaitu sebagai berikut :

1. Pernyataan Umum

Pernyataan Umum adalah Penjelasan atau Penjabaran yang harus disampaikan, ketika ingin membahas tentang Proses atau Pembentukan Fenomena Alam yang telah terjadi, sehingga para pembaca dapat dengan jelas maksud dan tujuan dari Teks Eksplanasi tersebut.

2. Urutan Sebab Akibat

Urutan Sebab Akibat adalah Penjelasan secara detail tentang bagaimana Proses terjadinya suatu Fenomena Alam atau Pembentukan suatu Objek, yang terjadi secara Ilmiah (Sains) atau Campur Tangan Orang Lain, dari awal terjadi hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi adalah Penafsiran yang dilakukan untuk menunjukkan Proses terjadinya suatu Fenomena Alam atau Pembentukan suatu Objek tertentu, agar dapat menguatkan Pernyataan Umum yang telah disejikan kedalam Teks Eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Setelah kalian memahami Ciri-Ciri dan Struktur dalam pembuatan Teks Eksplanasi, selanjutnya kalian juga harus mengetahui Contoh dari Teks Eksplanasi, berdasarkan dari Struktur Teks Eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Judul : Tempe

Untuk contoh dari Teks Eksplanasi yang berjudul “Tempe” ini, kami akan membahasnya berdasarkan dengan Struktur Pembentukannya, yaitu mulai dari Pernyataan Umum, Urutan Sebab Akibat, dan Interpretasi.

A. Contoh Pernyataan Umum :

Tempe merupakan Makanan khas orang jawa, yang dibuat dengan Bahan Utama Fermentasi Biji Kedelai, dengan menggunakan Ragi Tempe berupa Jamur Rhizopus Oligosporus, Rh Oryzae, dan Rh Stolinifer atau Rh Arrhizus.

B. Contoh Urutan Sebab Aikbat :

Ragi Tempe yang berupa Jamur Rhizopus Oligosporus, Rh Oryzae, dan Rh Stolinifer atau Rh Arrhizus yang digunakan untuk membuat Tempe tersebut, akan Menghidrolisis seluruh Senyawa-Senyawa Kompleks pada Tempe, menjadi Senyawa-Senyawa Sederhana.

Selain itu Tempe juga memiliki berbagai macam Kandungan Gizi, seperti Kaya Serat Pangan, Vitamin B, Kalsium, Antibiotika, Antioksidan serta Zat Besi, sehingga Tempe yang telah terbentuk, akan mudah untuk dicerna dan bagus untuk perkembangan Tubuh Manusia yang mengkonsumsinya.

C. Contoh Interpretasi :

Meskipun Tempe ini merupakan Makanan khas orang jawa, namun banyak sekali orang-orang diseluruh Indonesia, bahkan diseluruh Dunia, sangat menyukai jenis Makanan ini, karena selain rasanya yang sangat lezat, Tempe juga sangat baik untuk Pencernaan Tubuh manusia.

Demikialan ulasan artikel yang dapat kami berikan hari ini, tentang Teks Eksplanasi yang dilengkapi beserta dengan Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya.

Semoga dengan adanya ulasan artikel ini, dapat membantu kalian dalam mempelajari Teks Eksplanasi, sehingga kalian tidak akan kebingungan lagi, ketika menghadapi Materi ini, amin.