Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi – Bahasa Indonesia merupakan Mata Pelajaran yang sangat banyak digemari oleh para siswa, apalagi bagi mereka yang memiliki cita-cita sebagai penulis, yang dapat menciptakan sebuah Karya Tulis, yang dapat bermanfaat bagi Penduduk diseluruh Indonesia, ataupun diseluruh Dunia.

Struktur Teks Eksposisi

Namun untuk mewujudkan cita-cita sebagai penulis atau pembuat Karya Sastra diatas, pastinya harus memahami berbagai macam Struktur dan Kaidah, dalam menggunakan Bahasa Indonesia, yang akan dijadikan sebuah Teks.

Teks adalah Susunan Kata yang terbentuk menjadi sebuah Kalimat, yang berfungsi untuk menceritakan atau menjelaskan berbagai macam Informasi atau Makna dari suatu Objek tertentu, dengan bentuk berupa Tulisan ataupun Lisan.

Teks ini juga terbagi menjadi berbagai macam jenis-jenisnya, dengan fungsi dan maksud yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis Karya Satsra apa yang akan dibuat atau dibentuk, serta Kaidah Bahasa yang seperti apa, yang akan digunakan kedalam Karya Sastra tersebut, salah satunya adalah Teks Eksposisi.

Apa yang dimaksud dengan Teks Sejarah?, Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mempelajari tentang Teks Sejarah diatas, pada kesempatan yang baik ini kami telah memberikan beberapa Pembelajaran tentang Teks Eksposisi, beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah Bahasa, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya.

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah Kalimat Paragraf atau Karangan yang digunakan untuk memberikan berbagai macam Informasi dan Pengetahuan, yang tertulis secara Singkat, Padat, dan Akurat, sehingga Informasi atau Pengetahuan yang diberikan kepada seseorang, mudah untuk dipahami dan dipelajari.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teks Eksposisi adalah Sebuah ulasan atau paparan yang berfungsi untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari suatu objek tertentu, karena Teks Eksposisi ini merupakan jenis Kata Nomina (Kata Benda).

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Dalam memahami Teks Eksposisi, kalian harus mengetahui Ciri-Ciri dari Teks Eksposisi, yaitu sebagai berikut yang telah kami sediakan dibawah ini :

  • Bersifat Informatif sehingga Pengetahuan yang diberikan dapat menambah wawasan kepada para pembaca.
  • Kaidah Bahasa yang digunakan merupakan Bahasa Indonesia Baku.
  • Dibentuk dengan Gaya Penulisan yang Singkat, Padat, dan Akurat (Berdasarkan Informasi yang terpercaya).
  • Informasi atau Pengetahuan yang diberikan berdasarkan sebuah fakta yang ada.
  • Tidak bersifat memihak pada Informasi atau Pengetahuan yang akan diberikan.

Struktur Pembuatan Teks Eksposisi

Struktur Pembuatan Teks Eksposisi

Selain terdapat Ciri-Ciri dalam pembentukannya, Teks Eksposisi juga memiliki Struktur dalam pembuatannya, yang harus kalian pahami, jika ingin membuat Teks Eksposisi yang benar, yaitu sebagai berikut :

1. Tesis

Tesis adalah Teori atau Pernyataan yang menjadi ulasan seseorang, berdasarkan Argumentasi yang terdapat didalam Karya Ilmiah, sesuai dengan apa yang menjadi pembahasan, yang berfungsi untuk menguatkan kepercayaan pembaca, ketika akan membaca Informasi atau Pengetahuan tersebut.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah Bukti-bukti yang menjadi dasar dari Teori atau Pernyataan, yang akan membahas berbagai macam Informasi atau Pengetahuan, untuk memperkuat kepercayaan para pembaca, terhadap Informasi atau Pengetahuan tersebut.

3. Penegasan Ulang

Penegasan Ulang adalah Kesimpulan atau Inti dari Informasi dan Pengetahuan yang telah diberikan kepada para pembaca, berdasarkan Tesis atau Teori yang didasarkan atas bukti-bukti dari sumber terpercaya.

Jenis-Jenis & Contoh Teks Eksposisi

Jenis-Jenis & Contoh Teks Eksposisi

Setelah kalian memahami Ciri-Ciri dan Struktur dalam pembuatan Teks Eksposisi, selanjutnya kalian juga harus mengetahui Jenis-Jenis dari Teks Eksposisi, yaitu sebagai berikut ini :

1. Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi Definisi adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi sebagai wadah Inti Utama atau Isi, dari Pembahasan yang menjadi Topik mengenai suatu Objek tertentu., sehingga kalian dapat memahami Topi tersebut, dengan mudah.

Contoh :

Jahe (Zingiber Officinale) merupakan Salah satu jenis Tanaman Rimpang yang sangat populer dikalangan Masyarakat diseluruh dunia, karena Jahe ini berfungsi sebagai Rempah-rempah dan Obat dari berbagai macam penyakit.

2. Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi Proses adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menunjukkan tahapan-tahapan dalam membuat suatu Objek tertentu, sehingga para pembaca dapat dengan mudah mengikutinya.

Contoh :

Untuk memanfaatkan agar Nasi tidak mudah basi, banyak sekali orang-orang tidak mengetahui cara-caranya, karena itu dibawah ini kami telah memberikan Tutorial Cara Memanaskan Nasi agar tidak basi, yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan tempat untuk mengukus Nasi yang akan basi.
  • Pastikan tempat mengukus Nasi tetap bersih dan kering.
  • Selanjutnya isi bagian bawah dan atas Wadah Pengukus, dengan Air dan Garam.
  • Kemudian rebuslah Nasi, selama ± 15 menit, dan aduk-aduklah Nasi agar tidak menggumpal.
  • Setelah ± 15 menit berlalu, maka Nasi dapat bisa dimakan kembali.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi Ilustrasi adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk Menggambarkan suatu Objek, yang menjadi pembahasan dari Topik tertentu, agar para pembaca dapat dengan mudah memahaminya.

Contoh :

Orang yang memiliki sedikit Ilmu, tetapi tidak sombong, tetapi banyak dihujat oleh orang lain, diibaratkan seperti Sebuah permata yang terjatuh kedalam kubangan lumpur, yang artinya meskipun banyak dihujat oleh orang lain, namun dia tidak akan pernah menyerah atau putus asa untuk membimbing orang-orang yang menghujat tersebut.

4. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menyatakan tidak sejalan, terhadap Informasi, Pengetahuan, Pendapat, atau Ide yang dijabarkan oleh orang lain.

Contoh :

Banyak sekali orang-orang yang mengaku sebagai orang yang ahli dalam Agama Islam, namun setiap perkataannya selalu mencaci maki, menghujat, dan mengajak pengikutnya untuk membenci satu sama lain.

Hal diatas tidaklah benar untuk dijadikan sebagai panutan, karena Islam sendiri merupakan Agama Rohmatan Alamin, Agama yang penuh dengan cinta dan kasih sayang, bahkan dengan Umat Beragama lainnya.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Pertentangan adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk melakukan perbandingan, terhadap segala sesuatu mengenai Informasi, Pendapat, atau Ide yang didapatkan dari berbagai macam hal.

Contoh :

Film Anime Naruto dan Boruto yang diciptakan oleh Muasashi Kishimoto, memiliki sebuah Perbandingan yang amat besar menurut Para Penggemarnya, karena Anime Naruto lebih menampilkan usaha Karakter Utama untuk menyelamatkan Dunia dari Peperangan.

Sedangkan Anime Boruto lebih menampilkan Cerita tentang Kehidupan Seorang Anak Hokage, sehingga Karakter-Karakter yang terdapat didalam Anime Naruto, terlihat sangat lemah dan mudah dikalahkan oleh musuh.

6. Teks Eksposisi Laporan

Teks Eksposisi Laporan adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi sebagai bentuk Laporan, yang didapatkan melalui berbagai macam Informasi tertentu, atau dari Kegiatan yang dilakukan untuk menganalisis suatu Objek.

Contoh :

Menurut Laporan yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia, bahwa Korban dari Covid-19 pada Wilayah Lampung saat ini, berjumlah 371 Kasus, 310 Korban Sembuh, dan 14 Korban Meninggal Dunia.

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Screenshot di Laptop

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Anilisi adalah Salah satu jenis Paragraf Eksposisi yang berfungsi untuk menganilisi suatu Objek, Kegiatan atau Proses Pembuatan tertentu, yang akan menjadi Informasi Akurat untuk para pembaca.

Contoh :

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sejumlah Ilmuwan didunia, bahwa Nasi memiliki Kandungan, sebagai berikut :

  • Protein: 4,4 g.
  • Sodium: 0 mg.
  • Karbohidrat: 53,4 g.
  • Serat: 0,6 g.
  • Kalori: 242.
  • Lemak: 0,4 g.
  • Gula: 0 g.

Demikialan ulasan artikel yang dapat kami berikan hari ini, tentang Teks Eksposisi yang dilengkapi beserta dengan Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis-Jenis, dan Contohnya.

Semoga dengan adanya ulasan artikel ini, dapat membantu kalian dalam mempelajari Teks Eksposisi, sehingga kalian tidak akan kebingungan lagi, ketika menghadapi Materi ini, amin.